Jumat, 19 Juni 2020

Hidup Itu Berjalan


https://www.bible.com/id/bible/306/HEB.12.1-15.TB
Nats: Ibr 12:1-15

"12:1 Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun  dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita. 12:2 Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah. 12:3 Ingatlah selalu akan Dia, yang tekun menanggung bantahan yang sehebat itu terhadap diri-Nya dari pihak orang-orang berdosa, supaya jangan kamu menjadi lemah dan putus asa. 12:4 Dalam pergumulan kamu melawan dosa kamu belum sampai mencucurkan darah. 12:5 Dan sudah lupakah kamu akan nasihat yang berbicara kepada kamu seperti kepada anak-anak: "Hai anakku, janganlah anggap enteng didikan Tuhan, dan janganlah putus asa apabila engkau diperingatkan-Nya; 12:6 karena Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya, dan Ia menyesah orang yang diakui-Nya sebagai anak." 12:7 Jika kamu harus menanggung ganjaran; Allah memperlakukan kamu seperti anak. Di manakah terdapat anak yang tidak dihajar oleh ayahnya? 12:8 Tetapi, jikalau kamu bebas dari ganjaran, yang harus diderita setiap orang, maka kamu bukanlah anak, tetapi anak-anak gampang. 12:9 Selanjutnya: dari ayah kita yang sebenarnya kita beroleh ganjaran, dan mereka kita hormati; kalau demikian bukankah kita harus lebih taat kepada Bapa segala roh, supaya kita boleh hidup? 12:10 Sebab mereka mendidik kita dalam waktu yang pendek sesuai dengan apa yang mereka anggap baik, tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya. 12:11 Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.12:12 "Sebab itu kuatkanlah tangan yang lemah dan lutut yang goyah; 12:13 dan luruskanlah jalan bagi kakimu, sehingga yang pincang jangan terpelecok, tetapi menjadi sembuh. 12:14 "Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorang pun akan melihat Tuhan." 12:15 "Jagalah supaya jangan ada seorang pun menjauhkan diri dari kasih karunia Allah, agar jangan tumbuh akar yang pahit yang menimbulkan kerusuhan dan yang mencemarkan banyak orang."

Setiap orang pasti mengalami tantangan dan rintangan yang berbeda tidak semuanya mengalami hal yang sama, tetapi langkah kita yang harus dibuat dalam setiap tantangan dan rintangan yang dihadapi tidak hanya diam tetapi ada tindakan. Tanggalkan setiap beban dalam kehidupan kita serahkan semua yang kita hadapi ke dalam tangan Tuhan seperti dalam firman Tuhan : "Ibrani 12:1 (TB)" .  Semua yang datang dalam kehidupan kita bagaikan lomba dalam sebuah pertandingan dalam kehidupan mau kalah atau menang itu semua pilihan. Karena dosa itu butuh perjuangan untuk melepaskan itu semua ada porses di dalamnya sama halnya dengan ketika seseorang mempersiapkan diri untuk perlombaan pasti ada latihan tidak hanya diam dan santai saja ada perjuangan di dalamnya.

Ada sukacita yang menanti  di balik masalah hidup, dosa yang sedang kita hadapi. Dan benar itu butuh perjuangan untuk bebas dari keterikatan dosa yang sedang kita hadapi ada Yesus yang dapat memberikan solusi dari apa yang sudah menjadi beban masalah dan dosa yang sedang kita sendiri sedang gumulkan, berharap penuh akan kuasa Tuhan. Ketika hidup diberikan dalam pimpinan Tuhan kita akan melihat karya Yesus yang dikerjakan dalam kehidupan ini.

Saat semuanya terasa berat apa yang kita hadapi mintalah Tuhan senantiasa memimpin kehidupan kita, semua perlakuan buruk yang  diterima anggap saja itu bagian dari proses dalam hidup untuk dapat melihat semua karya Tuhan yang sedang Tuhan kerjakan dalam hidup, dosa yang sedang kita gumulkan Tuhan ada untuk menyedialan jalan bagi hidup kita untuk dapat dapat melangkah dalam kebenaran dan kasih karunia Tuhan masih ada. Kejarlah kasih karunia Tuhan dalam hidup ini, jangan sia2kan kasih karunia yang Tuhan telah sediakan.

Jadilah pribadi yang kuat dalam menghadapi segala sesuatu, tetap kuat dan buatlah pilihan untuk tetap bertahan.  Buatlah pilihan untuk hidup dalam kebenaran, itu ada proses yang harus dilalui bertahanlah dengan setiap proses dan ambillah bagian yang benar dalam hidup ini untuk memiliki kehidupan yang hidup dalam kekudusan. Jangan mau memiliki kehidupan yang sebenarnya kita hidup tetapi diri kita mati seperti tidak ada tindakan aktif di dalam diri. Jangan hanya ratapi keadaan, keadaan tidak perlu hanya diratapi saja tindakan yang dibuat untuk berjuang dalam hidup ini akan menghasilkan dampak untuk mengalami yang namanya hidup  yang terus berjalan. Jangan memiliki keadaan hidup yang sebenarnya tetapi jiwa mati. Segala sesuatu butuh yang namanya perjuangan tidak hanya diam dan pasrah akan semuanya tindakan aktif harus terjadi. Tuhan memberkati

By: Linda Wijayarso

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Segarkan Hidup Setiap Hari

 Nats: Mzm 52:8-9 Tetapi aku ini seperti pohon zaitun yang menghijau di dalam rumah Allah; aku percaya r   akan kasih setia Allah untuk s...