Jumat, 26 Juni 2020

Hidupmu Berharga Bagi Allah



Nats: Mat 10:29-31

" 10:29 Bukankah burung pipit dijual dua ekor seduit? Namun seekorpun dari padanya tidak akan jatuh ke bumi di luar kehendak Bapamu. 10:30 Dan kamu, rambut kepalamupun terhitung  semuanya. 10:31 Sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit."


Kesadaran bahwa hidup ini berharga sejatinya sudah semakin berkurang di dunia ini. Ketidaksadaran ini pada akhirnya membawa seseorang untuk mengakhiri hidupnya (bunuh diri). Setidaknya ada lima negara dengan indeks bunuh diri tertinggi yaitu: Korea Selatan, Guyana, Jepang, Rusia dan terakhir Lithuania. Lebih lanjut, WHO (World Health Organization) mencatat setidaknya ada 800 ribu orang yang bunuh diri setiap tahunnya. Dari beberapa fakta di atas dapat dikatakan bahwa manusia mengangap bahwa keberhagaan hidup kecil adanya.

Kesadaran bahwa hidup itu berharga harus dimiliki setiap orang termasuk orang percaya. Banyak orang percaya ketika mengalami kegagalan cenderung merasa hidup ini sudah tidak ada artinya lagi. Padahal persepsi seperti ini justru salah adanya dan tidak boleh dimiliki oleh setiap orang percaya. Ini dikarenakan persepsi demikian menjadikan orang percaya tidak percaya kepada Tuhan.

Hidup setiap orang sejatinya sangat berharga di mata Tuhan, termasuk kehidupan orang percaya. Keberhargaan hidup orang percaya tercatat di berbagai teks, salah satunya adalah Mat 10:29-31. Dalam teks ini setidaknya ada dua hal penting yang dapat dipelajari berkaitan dengan keberhargaan hidup manusia. Pertama, Tuhan tidak pernah tutup mata dengan kehidupan orang percaya. Yang dimaksud dengan tidak tutup mata adalah Tuhan bertanggung jawab atas hidup orang percaya. Tanggung jawab dari Tuhan diwujudkan dengan penyertaannya bagi kehidupan orang percaya.

Kedua, tetap percaya kepada Tuhan. Sebagai orang percaya sudah seharusnya kita mempercayakan hidup kepada Tuhan. Dengan melakukan hal demikian, kita tidak akan memiliki pandangan bahwa hidup ini tidak berharga. Ini dikarenakan percaya kepada Tuhan berarti sama dengan sadar bahwa hidup ini berharga di matanya.

By: Felix Justian Harnanta  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Segarkan Hidup Setiap Hari

 Nats: Mzm 52:8-9 Tetapi aku ini seperti pohon zaitun yang menghijau di dalam rumah Allah; aku percaya r   akan kasih setia Allah untuk s...