Senin, 06 Juli 2020

Pentingnya Mengucap Syukur


https://www.jawaban.com/read/article/id/2016/11/16/63/161115154208/Mengucap-Syukur-Itu-Soal-Sikap.html

Nats: Mzm 111:1; Yoh 6:11-12

Mzm 111:1: Haleluya! Aku mau bersyukur kepada TUHAN dengan segenap hati, dalam lingkungan orang-orang benar dan dalam jemaah.

Yoh 6:11:  Lalu Yesus mengambil roti itu, mengucap syukur dan membagi-bagikannya kepada mereka yang duduk di situ, demikian juga dibuat-Nya dengan ikan-ikan itu, sebanyak yang mereka kehendaki. 6:12 Dan setelah mereka kenyang Ia berkata kepada murid-murid-Nya: "Kumpulkanlah potongan-potongan yang lebih supaya tidak ada yang terbuang."

Mengucap syukur sejatinya sangat sulit mengingat kondisi di dunia ini yang semakin buruk. Banyak orang dipecat dari pekerjaan, perusahaan banyak yang gulung tikar, dan sebagainya. Akibat hal ini banyak orang yang akhirnya putus asa dalam menjalani kehidupan. Lebih lanjut, angka kriminal di setiap negara pun juga bertambah. Ini dikarenakan banyak orang yang tidak mengerti bagaimana harus membiayai kehidupan akibat kesulitan ekonomi yang terjadi.

Kesulitan untuk mengucap syukur juga terjadi dalam kehidupan orang percaya. Banyak orang percaya yang mengeluh tentang kesulitan yang terjadi dewasa ini. Namun demikian, dari dua teks di atas setidaknya kita belajar dua hal penting mengenai mengucap syukur. Pertama, mengucap syukur harus lahir dari hati. Pemazmur mengingatkan bahwa mengucap syukur harus lahir dari ketulusan hati kita. Mengucap syukur dari hati menjadi penting karena ucapan syukur seperti inilah yang mendatangkan kekuatan dalam menjalani kehidupan yang semakin sulit ini.

Kedua, mengucap syukur mendatangkan mukjizat. Mukjizat yang dimaksud adalah pertolongan Tuhan di masa-masa sulit. Banyak kisah dimana pada waktu seorang percaya mengucap syukur maka Tuhan menolong mereka. Misalkan: saat kesulitan ekonomi tiba-tiba ada orang yang membantu, saat di PHK tiba-tiba ada yang menawari pekerjaan, dan sebagainya. Intinya ucapan syukur mendatangkan mukjizat bagi orang yang percaya. Pada akhirnya sebagai orang percaya janganlah berhenti mengucap syukur dan selalu mengandalkan Tuhan setiap waktu 

By: Felix Justian Harnanta 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Segarkan Hidup Setiap Hari

 Nats: Mzm 52:8-9 Tetapi aku ini seperti pohon zaitun yang menghijau di dalam rumah Allah; aku percaya r   akan kasih setia Allah untuk s...