Senin, 24 Agustus 2020

Alasan Menikmati Kemerdekaan

 Nats: Mzm 23:1-6

"23:1 "Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku takkan kekurangan aku. 23:2 Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang; 23:3 Ia menyegarkan jiwaku Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya. 23:4 Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku. 23:5 Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah. 23:6 Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa. 

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang pernah mengalami penjajahan oleh bangsa asing (Belanda, Jepang, Portugis, dsb). Namun, akhirnya bangsa Indonesia mencapai kemerdekaannya tanggal 17 Agustus 1945. Kemerdekaan ini dicapai dengan mengalahkan penjajah yang menjajah bangsa kita. Lebih lanjut, kemerdekaan ini bukan hanya sebagai deklarasi semata melainkan hasil dari perjuangan para pejuang kemerdekaan.

Sebagai orang percaya kemerdekaan kita bukan hanya pada tanggal 17 Agustus melainkan terdapat di dalam Tuhan. Lebih lanjut, kemerdekaan tersebut diberikan kepada kita yang percaya untuk dinikmati. Mzm 23:1-6 mengajarkan kita bahwa ada tiga alasan mengapa kita harus menikmati kemerdekaan dari Tuhan. Alasan pertama adalah pemeliharaan Tuhan. Pemeliharaan berbicara bagaimana Allah memelihara semua kebutuhan kita (sandang, pangan dan papan). Dengan janji pemeliharaan ini kita tidak perlu takut akan kekurangan apapun. Oleh karena itulah janji pemeliharaan adalah alasan pertama kita menikmati kemerdekaan di dalam-Nya.

Alasan kedua adalah rasa aman. Rasa aman berbicara tentang perlindungan Tuhan atas hidup kita. Tuhan berjanji untuk melindungi kita dari segala bahaya yang mengancam. Dengan janji bahwa Tuhan selalu memberikan keamanan maka kita tidak perlu takut akan bahaya apapun dalam hidup ini. Oleh karena itu janji keamanan adalah alasan kedua kita menikmati kemerdekaan di dalam-Nya.

Alasan terakhir adalah anugerah Tuhan atas hidup kita. Anugerah Tuhan berbicara tentang pemberian terbaik yang disediakan Tuhan bagi kita. Artinya Tuhan berjanji akan selalu memberikan yang terbaik dalam kehidupan kita. Oleh karena itu janji anugerah adalah alasan ketiga kita menikmati kemerdekaan di dalam-Nya.

By: Felix Justian Harnanta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbatas itu Berguna

  Nats: Mzm 90:10" Masa hidup kami tujuh puluh tahun dan jika kami kuat, delapan puluh tahun, dan kebanggaannya adalah kesukaran dan ...