Rabu, 16 Desember 2020

Jangan Munafik

 

Nats: Mat 23:13-16

" Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi  , hai kamu orang-orang munafik, karena kamu menutup pintu-pintu Kerajaan Sorga di depan orang. Sebab kamu sendiri tidak masuk dan kamu merintangi mereka yang berusaha untuk masuk. 23:14 (Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu menelan rumah janda-janda sedang kamu mengelabui mata orang dengan doa yang panjang-panjang. Sebab itu kamu pasti akan menerima hukuman yang lebih berat.) 23:15 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu mengarungi lautan dan menjelajah daratan, untuk mentobatkan satu orang saja menjadi penganut agamamu dan sesudah ia bertobat, kamu menjadikan dia orang neraka, yang dua kali lebih jahat dari pada kamu sendiri. 23:16 Celakalah kamu, hai pemimpin-pemimpin buta, yang berkata: Bersumpah demi Bait Suci, sumpah itu tidak sah; tetapi bersumpah demi emas Bait Suci, sumpah itu mengikat.

Dewasa ini seringkali kita menjumpai banyak orang yang berperilaku munafik demi kenyamanan dirinya. Misalkan: berusaha menyenangkan orang lain dengan cara yang salah, melakukan yang salah demi menyenangkan atasan, dan sebagainya. Tindakan-tindakan di atas sama halnya dengan apa yang dilakukan oleh orang-orang Farisi dan Ahli Taurat. Mereka hanya mencari hormat dan kesenangan belaka. Bahkan mereka rela melakukan apapun asalkan mendapatkan pujian dari banyak orang.

Yesus sejatinya mengutuk perbuatan yang demikian. Perbuatan-perbuatan tersebut mencerminkan bahwa seseorang tidak memiliki motivasi yang benar dalam melakukan sesuatu. Lebih lanjut, Yesus juga tidak menyukai sikap yang demikian karena dapat menyebabkan seseorang jatuh ke dalam dosa. Misalkan: berpuasa supaya dianggap hebat, berdoa supaay dianggap paling rohani, dan sebagainya.

Pada akhirnya sebagai orang percaya hendaknya kita jangan menjadi orang munafik seperti orang farisi dan Ahli Taurat. Hendaknya kita tetap memiliki motivasi yang benar dalam mengikut Tuhan.

By: Felix Justian Harnanta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kolom Opini: Kasus Giselle Anastasya

 KOLOM OPINI Kronologi: Polisi telah menetapkan penyanyi Gisella Anastasia atau Gisel dan pria berinisial MYD sebagai tersangka dalam kasus ...