Rabu, 06 Januari 2021

Mencoba Hal Baru


Nats: Mat 14:22-33

14:22 "Sesudah itu Yesus segera memerintahkan murid-murid-Nya naik ke perahu dan mendahului-Nya ke seberang, sementara itu Ia menyuruh orang banyak pulang. 14:23 Dan setelah orang banyak itu disuruh-Nya pulang, Yesus naik ke atas bukit untuk berdoa seorang diri. Ketika hari sudah malam, Ia sendirian di situ. 14:24 Perahu murid-murid-Nya sudah beberapa mil jauhnya dari pantai dan diombang-ambingkan gelombang, karena angin sakal. 14:25 Kira-kira jam tiga malam datanglah Yesus kepada mereka berjalan di atas air. 14:26 Ketika murid-murid-Nya melihat Dia berjalan di atas air, mereka terkejut dan berseru: "Itu hantu!", lalu berteriak-teriak karena takut. 14:27 Tetapi segera Yesus berkata kepada mereka: "Tenanglah! Aku ini, jangan takut!" 14:28 Lalu Petrus berseru dan menjawab Dia: "Tuhan, apabila Engkau itu, suruhlah aku datang kepada-Mu berjalan di atas air." 14:29 Kata Yesus: "Datanglah!" Maka Petrus turun dari perahu dan berjalan di atas air mendapatkan Yesus. 14:30 Tetapi ketika dirasanya tiupan angin, takutlah ia dan mulai tenggelam lalu berteriak: "Tuhan, tolonglah aku!" 14:31 Segera Yesus mengulurkan tangan-Nya, memegang dia dan berkata: "Hai orang yang kurang percaya, mengapa engkau bimbang?" 14:32 Lalu mereka naik ke perahu dan anginpun redalah. 14:33 Dan orang-orang yang ada di perahu menyembah Dia, katanya: "Sesungguhnya Engkau Anak Allah." 

Di masa pandemi seperti ini banyak usaha yang mengalami penurunan bahkan tak jarang banyak yang gulung tikar. Ini terjadi karena setiap perusahaan baik itu dikelola oleh pribadi maupun bersama tidak mampu mengatasi krisis ekonomi yang sedang terjadi. Namun demikian, masih tetap ada usaha yang bertahan sampai sekarang bahkan mendapatkan keuntungan yang lebih. Ini terjadi karena setiap pemilik usaha tidak malu untuk mencoba hal baru demi usaha mereka.

Nats di atas juga mengajarkan kita sebagai orang percaya untuk mencoba hal baru. Untuk mencoba hal baru setidaknya ada dua prinsip yang harus dimiliki. Pertama, jangan takut untuk gagal. Petrus adalah gambaran orang yang tidak pernah takut akan kegagalan. Ini dibuktikan saat ia berani menjumpai Yesus yang sedang berjalan di atas air di saat semua murid yang lain menganggap Dia hantu.

Kedua, bangkit saat mengalami kegagalan. Tak bisa dipungkiri bahwa setiap kita pasti pernah mengalami kegagalan. Namun demikian, kegagalan itu seharusnya menjadi pelajaran buat kita untuk tidak melakukan hal yang sama melainkan mencoba hal yang baru. 

By: Felix Justian Harnanta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kolom Opini: Kasus Giselle Anastasya

 KOLOM OPINI Kronologi: Polisi telah menetapkan penyanyi Gisella Anastasia atau Gisel dan pria berinisial MYD sebagai tersangka dalam kasus ...