Lakukan dengan cara Tuhan

Nats: Kel 2:11-15

"2:11 "Pada waktu itu, ketika Musa telah dewasa, ia keluar mendapatkan saudara-saudaranya untuk melihat kerja paksa mereka; lalu dilihatnyalah seorang Mesir memukul seorang Ibrani, seorang dari saudara-saudaranya itu. 2:12 Ia menoleh ke sana sini dan ketika dilihatnya tidak ada orang, dibunuhnya orang Mesir itu, dan disembunyikannya mayatnya dalam pasir. 2:13 Ketika keesokan harinya ia keluar lagi, didapatinya dua orang Ibrani tengah berkelahi. Ia bertanya kepada yang bersalah itu: "Mengapa engkau pukul temanmu?" 2:14 Tetapi jawabnya: "Siapakah yang mengangkat engkau menjadi pemimpin dan hakim atas kami? Apakah engkau bermaksud membunuh aku, sama seperti engkau telah membunuh orang Mesir itu?" Musa menjadi takut, sebab pikirnya: "Tentulah perkara itu telah ketahuan." 2:15 Ketika Firaun mendengar tentang perkara itu, dicarinya ikhtiar untuk membunuh Musa. Tetapi Musa melarikan diri dari hadapan Firaun dan tiba di tanah Midian lalu ia duduk-duduk di tepi sebuah sumur. 

Manusia sejatinya diciptakan Tuhan memiliki akal budi. Akal budi digunakan untuk berpikir bahkan memecahkan masalah. Namun demikian, akal budi tersebut bersifat terbatas. Ini menyebabkan manusia tidak bisa seratus persen menyelesaikan masalahnya sendiri bahkan cenderung menggunakan cara yang salah. Maka dari itu manusia memerlukan pertolongan Tuhan bahkan hikmat dari-Nya untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Kisah di atas adalah contoh dimana manusia terbatas dalam menggunakan akal budinya. Musa menggunakan caranya sendiri untuk menyelesaikan masalah dan yang terjadi adalah kesalahan besar. Ia bahkan diancam akan dibunuh oleh firaun. Pada akhirnya ia melarikan diri ke tanah midian.

Sebagai orang percaya hendaknya kita tetap mengandalkan Tuhan dalam setiap permasalahan kita. Janganlah kita mengandalkan akal budi sendiri karena bersifat terbatas. Lebih lanjut, marilah kita selalu meminta hikmat Tuhan agar dapat menyelesaikan masalah dengan benar.

By: Felix Justian Harnanta  
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kala Kucari Damai (Lirik & Chord)

Ujilah Aku Tuhan (Lirik & Chord)

Pribadi Yang Mengenal Hatiku (Lirik & Chord) Jacqlien Celosse