Sabtu, 13 Februari 2021

Memaknai Suatu Persekutuan

Nats: Kis 2:41-47

" Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa. 2:42 Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa 2:43 Maka ketakutanlah mereka semua, sedang rasul-rasul itu mengadakan banyak mujizat dan tanda. 2:44 Dan semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama, 2:45 dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing. 2:46 Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati, 2:47 sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.

Dewasa ini banyak sekali kita menjumpai komunitas-komunitas yang tersebar di berbagai belahan dunia. Misalkan: komunitas pecinta alam, penyayang hewan dan sebagainya. Di dalam komunitas-komunitas tersebut biasanya banyak orang berkumpul untuk sekedar berbagi cerita, pengalaman dan lain-lain. Lebih lanjut, banyak dari mereka yang mengaku merasa diterima dan bertumbuh di komunitas-komunitas tersebut. Ini membuktikan bahwa manusia membutuhkan orang lain untuk bisa bertumbuh.

Dari nats kita kembali diingatkan agar terus terkoneksi dengan tubuh Kristus. Terkoneksi dengan tubuh Kristus membuat kita sebagai orang percaya tetap kuat di dalam Tuhan dalam segala hal. Lebih lanjut, persekutuan dengan tubuh Kristus menjadi ciri bahwa kita berbeda dengan orang di luar sana. Berbeda yang dimaksud adalah saat orang lain sibuk dengan persekutuan yang tidak membangun kita tidak demikian. Kita justru berkumpul dengan persekutuan yang benar dan membangun segala aspek hidup kita.

Pada akhirnya hendaknya kita selalu tetap terkoneksi dengan tubuh Kristus. Janganlah kita merasa bahwa diri kitalah yang paling hebat sehingga tidak membutuhkan anggota tubuh Kristus yang lain.

 

By: Felix Justian Harnanta

 

 

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ekspresi Penyembahan

Nats: Kel 40:1-3 "Berfirmanlah Tuhan kepada Musa: Pada hari yang pertama dari bulan pertama haruslah engkau mendirikan kemah suci, yakn...