Melihat bahaya yang samar-samar

 

Nats: Mat 26:40-46

"Setelah itu Ia kembali kepada murid-murid-Nya itu dan mendapati mereka sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: "Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan Aku?  26:41 Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah." 26:42 Lalu Ia pergi untuk kedua kalinya dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku jikalau cawan ini tidak mungkin lalu, kecuali apabila Aku meminumnya, jadilah kehendak-Mu!" 26:43 Dan ketika Ia kembali pula, Ia mendapati mereka sedang tidur, sebab mata mereka sudah berat. 26:44 Ia membiarkan mereka di situ lalu pergi dan berdoa untuk ketiga kalinya dan mengucapkan doa yang itu juga. 26:45 Sesudah itu Ia datang kepada murid-murid-Nya dan berkata kepada mereka: "Tidurlah sekarang dan istirahatlah. Lihat, saatnya sudah tiba, bahwa Anak Manusia diserahkan ke tangan orang-orang berdosa. 26:46 Bangunlah, marilah kita pergi. Dia yang menyerahkan Aku sudah dekat."

Dalam kehidupan seringkali manusia menjumpai banyak bahaya. Bahaya tersebut bisa datang dari orang lain atau dari lingkungan sekitar seperti: perampokan, pembunuhan, kecelakaan, bencana dan sebagainya. Tak jarang pada akhirnya banyak manusia yang terjebak ke dalam bahaya tersebut. 

Nats di atas mengajarkan kita sebagai orang percaya untuk berhati-hati terhadap bahaya yang bisa saja membuat kita terjatuh yaitu pencobaan. Banyak orang percaya jatuh ke dalam pencobaan karena mereka tidak berjaga-jaga atau mawas diri. Lebih lanjut, Yesus mengajarkan murid-murid-Nya untuk berdoa dan berjaga-jaga. Ajaran ini diberikan Yesus supaya para murid tidak jatuh ke dalam daging akibat kedagingan mereka.

Sebagai orang percaya berjaga-jaga sudah seharusnya menjadi prinsip kita. Jangan sampai kita masuk ke dalam pencobaan oleh karena perbuatan daging. Lebih lanjut, hendaknya kita terus membangun hubungan dengan Tuhan. Dengan melakukan ini niscaya kita dapat terhindar dari pencobaan yang disebabkan oleh perbuatan daging.

By: Felix Justian Harnanta 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kala Kucari Damai (Lirik & Chord)

Pribadi Yang Mengenal Hatiku (Lirik & Chord) Jacqlien Celosse

Ujilah Aku Tuhan (Lirik & Chord)