Ora et labora

 

Nats: 2 Tes 3:6-9

Tetapi kami berpesan kepadamu, saudara-saudara, dalam nama Tuhan Yesus Kristus, y  supaya kamu menjauhkan diri z  dari setiap saudara yang tidak melakukan pekerjaannya 1dan yang tidak menurut ajaran yang telah kamu terima dari kami. 3:7 Sebab kamu sendiri tahu, bagaimana kamu harus mengikuti teladan kami, karena kami tidak lalai bekerja di antara kamu, 3:8 dan tidak makan roti orang dengan percuma, tetapi kami berusaha dan berjerih payah siang malam, supaya jangan menjadi beban bagi siapapun di antara kamu. 3:9 Bukan karena kami tidak berhak untuk itu, melainkan karena kami mau menjadikan diri kami teladan bagi kamu, supaya kamu ikuti.

Ora et Labora adalah semboyan yang dicetuskan oleh Bunda Teresa. Semboyan ini berarti berdoa dan bekerja. Bunda Teresa pada waktu itu menjalankan misinya di India. Ia berdoa agar Tuhan melawat India. Di samping itu dia juga bekerja dengan memberikan makan kepada rakyat miskin.

Rasul Paulus menulis kepada jemaat di Tesalonika perihal betapa pentingnya doa dan bekerja. Dikatakan penting karena pada waktu itu banyak sekali jemaat Tesalonika yang pasif dalam kehidupannya. Pasif disini berbicara tentang keyakinan jemaat Tesalonika bahwa Tuhan memelihara namun mereka tidak bekerja atau dengan kata lain bermalas-malasan. Oleh karena itu Paulus menegor mereka.

Pada akhirnya hendaklah sebagai orang percaya jangan melupakan tanggung jawab kita yaitu bekerja. Dengan demikian, kita menjadi teladan untuk orang yang belum percaya dalam hal kerajinan dan tanggung jawab.

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kala Kucari Damai (Lirik & Chord)

Pribadi Yang Mengenal Hatiku (Lirik & Chord) Jacqlien Celosse

Ujilah Aku Tuhan (Lirik & Chord)