Mempersiapkan Masa Depan

 

Nats: Ams 6:6-11

" Hai pemalas 1 , o  pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak: 6:7 biarpun tidak ada pemimpinnya, pengaturnya atau penguasanya, 6:8 ia menyediakan rotinya di musim panas, p  dan mengumpulkan makanannya pada waktu panen. q  6:9 Hai pemalas, r  berapa lama lagi engkau berbaring? Bilakah engkau akan bangun dari tidurmu? 6:10 "Tidur sebentar lagi, mengantuk sebentar lagi, melipat tangan sebentar lagi untuk tinggal berbaring s " -- 6:11 maka datanglah kemiskinan  kepadamu seperti seorang penyerbu, dan kekurangan seperti orang yang bersenjata. 

Dewasa ini banyak orang yang kurang memperhatikan masa depannya. Mereka cenderung memilih untuk bersenang-senang dan enggan memikirkan masa depan. Padahal masa depan sangat penting untuk dipersiapkan. Pada akhirnya banyak di antara mereka yang memiliki masa depan suram.

Semut adalah salah satu hewan yang paling rajin di dunia. Mereka mengumpulkan makanan di segala musim. Ini dilakukan agar mereka terhindar dari kelaparan. Lebih lanjut, semut adalah hewan yang sangat gigih atau pekerja keras. Mereka tidak akan berhenti bekerja sampai tujuan mereka tercapai. Pada akhirnya saat di masa depan nanti ada kelaparan maka semut adalah hewan yang paling siap menghadapinya

Karakteristik dari semut dibahas di dalam kitab Amsal. Penulis amsal mengatakan bahwa setiap orang harus belajar kepada semut. Belajar disini mencakup dua pokok penting yaitu kerajinan dan kerja keras. Tanpa kedua hal ini penulis Amsal mengatakan seseorang akan diserang oleh kemiskinan.'

Sebagai orang percaya masa depan adalah sesuatu yang harus dipersiapkan sejak dini. Persiapan tersebut harus dimulai dari dua hal penting yaitu kerajinan dan kerja keras. Kerajinan berbicara bagaimana kita dengan tekun menata hidup, sedangkan kerja keras berbicara bagaimana kita sungguh-sungguh dalam mempersipakan masa depan kita. Misal: jika seseorang yang ingin menjadi insinyur maka ia mempersiapkan diri dengan belajar buku-buku, belajar dari seniornya dan sebagainya.

By: Felix Justian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kala Kucari Damai (Lirik & Chord)

Pribadi Yang Mengenal Hatiku (Lirik & Chord) Jacqlien Celosse

Ujilah Aku Tuhan (Lirik & Chord)