Cinta Tuhan vs Cinta Uang

Nats: 1 Tim 6:9-10

"Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan 1 , ke dalam jerat d  dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan. 6:10 Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. e  Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman f  dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka
 

Uang sejatinya adalah metode pembayaran yang utama di dalam dunia. Dikatakan utama karena manusia selalu menggunakan uang saat bertransaksi. Transaksi menggunakan uang meliputi: pembayaran, peminjaman, dan sebagainya. 

Di tengah pandemi, banyak orang yang cenderung menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang. Ada yang dengan cara halal maupun non- halal. Namun demikian, fakta di lapangan menunjukkan bahwa banyak orang yang mencari uang dengan cara yang tidak halal seperti: mencuri, merampok dan sebagainya. Perbuatan yang tidak halal ini disebut dengan cinta akan uang karena menganggap uang segalanya melebihi apapun.

Alkitab mencatat bahwa tindakan cinta uang adalah tindakan yang salah karena menyebabkan seorang percaya jatuh ke dalam idolatry atau pemujaan. Artinya seseorang yang cinta kepada uang cenderung untuk menganggap uang adalah yang paling berharga dibanding yang lain. Sikap seperti ini secara tidak langsung menyebabkan posisi Tuhan yang adalah nomer satu digeser oleh uang.

Paulus mengingatkan Timotius agar mengajarkan betapa berbahaya sikap cinta uang. Bahaya tersebut antara lain: menyimpang dari iman dan mengalami penyiksaan dengan berbagai duka. Artinya setiap orang percaya bisa kehilangan uang karena terlalu berfokus mengejar uang dan ini tentu saja sangat menyiksa.

Pada akhirnya sebagai orang percaya hendaknya kita jangan terjebak ke dalam cinta uang. Cintailah Tuhan sebagai satu-satunya dan tidak ada yang lain selain Dia. Lebih lagi, janganlah kita menduakan Tuhan dengan apapun termasuk dengan uang dan sebagainya. 

By: Felix Justian Harnanta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kala Kucari Damai (Lirik & Chord)

Pribadi Yang Mengenal Hatiku (Lirik & Chord) Jacqlien Celosse

Ujilah Aku Tuhan (Lirik & Chord)