Tuhan yang pegang kendali

Nats: Yak 4:13

Jadi sekarang, hai kamu yang berkata: "Hari ini atau besok kami berangkat ke kota anu, dan di sana kami akan tinggal setahun dan berdagang serta mendapat untung" 

 

 

 

 

Dewasa ini sering sekali manusia melupakan Tuhan dalam perencanaan mereka. Bahkan banyak orang yang merasa diri mampu untuk melakukan segala rencana tanpa Tuhan. Pada akhirnya mereka justru terjebak ke dalam berbagai kesalahan yang menimbulkan kerugian. Kerugian tersebut antara lain: ditipu orang, planning bertabrakan dan sebagainya.

Nats di atas mengindikasikan adanya kesombongan di dalam diri jemaat yang dilayani Yakobus. Kata “Hari ini atau besok” menunjukkan bahwa mereka merasa memiliki kendali atas waktu, mereka bebas melakukan apa yang ingin mereka lakukan di segala waktu. Lebih lanjut, kata “kami berangkat ke kota anu” terkesan bahwa mereka punya kendali atas lokasi yang akan dituju. Dengan kata lain banyak sekali orang yang merasa dirinya lah yang paling berkuasa atas segala sesuatu.

Pada akhirnya sebagai orang percaya janganlah kita melupakan Tuhan dalam segala sesuatu termasuk perencanaan. Dengan membiarkan Tuhan yang pegang kendali niscaya kita mampu melewati setiap rintangan yang ada.

By: Jeremi Agustino 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kala Kucari Damai (Lirik & Chord)

Pribadi Yang Mengenal Hatiku (Lirik & Chord) Jacqlien Celosse

Ujilah Aku Tuhan (Lirik & Chord)