Kemerdekaan yang Sesungguhnya

 

Nats: Gal 5:1-6

"Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan m  kita. Karena itu berdirilah teguh n  dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan. o  5:2 Sesungguhnya, aku, Paulus, berkata kepadamu: jikalau kamu menyunatkan dirimu, p  Kristus sama sekali tidak akan berguna bagimu. 5:3 Sekali lagi aku katakan kepada setiap orang yang menyunatkan dirinya, bahwa ia wajib melakukan seluruh hukum Taurat. q  5:4 Kamu lepas dari Kristus, jikalau kamu mengharapkan kebenaran oleh hukum Taurat; r  kamu hidup di luar kasih karunia 1 . s  5:5 Sebab oleh Roh, dan karena iman, kita menantikan kebenaran yang kita harapkan. t  5:6 Sebab bagi orang-orang yang ada di dalam Kristus Yesus u  hal bersunat atau tidak bersunat tidak mempunyai sesuatu arti, v  hanya iman yang bekerja oleh kasih  

Bangsa Indonesia baru saja merayakan kemerdekaan yang ke 76. Namun yang menjadi pertanyaannya adalah apakah benar bangsa Indonesia benar-benar sudah merdeka? Fakta di lapangan menunjukkan bahwa banyak masyarakat di Indonesia yang masih merasa terjajah oleh bangsanya sendiri. Misal: ketidakbebasan pendapat, kriminalitas, dan sebagainya.

Teks di atas mengajarkan bahwa sebagai orang Kristen kita harus memaknai kemerdekaan dengan benar. Kemerdekaan dalam perspektif Kristen dimaknai dalam dua hal penting. Pertama, kemerdekaan berarti menaati perintah Kristus. Perintah Yesus disini adalah apa yang dikatakan oleh Yesus di dalam Alkitab. Makna ini tentu berbanding terbalik dengan makna kemerdekaan pada umumnya yaitu sebagai bebas sebebas-bebasnya. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa dengan menaati perintah Kristus barulah kita sebagai umat Kristen dianggap sebagai orang yang merdeka. 

Kedua, kemerdekaan berarti tidak menjadi budak dosa. Sebagai orang percaya kita masih saja dapat berbuat dosa. Namun, ini tidak menjadi alasan agar kita mau diperbudak oleh dosa. Janganlah sampai kita dikuasai oleh dosa karena dapat menyebabkan kerohanian menjadi tumpul.

Pada akhirnya hendaklah kita sebagai orang percaya tetap meminta pertolongan Tuhan agar mampu menjalani kehidupan kekristenan dengan benar. Jangan sampai kita diperbudak oleh dosa sehingga menyebabkan arti kemerdekaan menjadi semu.

By: Felix Justian Harnanta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kala Kucari Damai (Lirik & Chord)

Pribadi Yang Mengenal Hatiku (Lirik & Chord) Jacqlien Celosse

Ujilah Aku Tuhan (Lirik & Chord)