Berani tampil Beda

Nats: Dan 6:5-18

  6:11 (6-12) Lalu orang-orang itu bergegas-gegas masuk dan mendapati Daniel sedang berdoa dan bermohon f  kepada Allahnya. 6:12 (6-13) Kemudian mereka menghadap raja dan menanyakan kepadanya tentang larangan raja: "Bukankah tuanku mengeluarkan suatu larangan, supaya setiap orang yang dalam tiga puluh hari menyampaikan permohonan kepada salah satu dewa atau manusia kecuali kepada tuanku, ya raja, akan dilemparkan ke dalam gua singa?" Jawab raja: "Perkara ini telah pasti menurut undang-undang orang Media dan Persia, yang tidak dapat dicabut g  kembali." 6:13 (6-14) Lalu kata mereka kepada raja: "Daniel, salah seorang buangan dari Yehuda, h  tidak mengindahkan i  tuanku, ya raja, dan tidak mengindahkan larangan yang tuanku keluarkan, tetapi tiga kali sehari ia mengucapkan doanya." 6:14 (6-15) Setelah raja mendengar hal itu, maka sangat sedihlah j  ia, dan ia mencari jalan untuk melepaskan Daniel, bahkan sampai matahari masuk, ia masih berusaha untuk menolongnya. 6:15 (6-16) Lalu bergegas-gegaslah orang-orang itu menghadap raja serta berkata kepadanya: "Ketahuilah, ya raja, bahwa menurut undang-undang orang Media dan Persia tidak ada larangan atau penetapan yang dikeluarkan raja yang dapat diubah! k " 6:16 (6-17) Sesudah itu raja memberi perintah, lalu diambillah Daniel dan dilemparkan ke dalam gua singa. l  Berbicaralah raja kepada Daniel: "Allahmu yang kausembah dengan tekun, Dialah kiranya yang melepaskan m  engkau!"

Dewasa ini banyak sekali tantangan yang dihadapi oleh orang percaya. Tak jarang banyak di antara mereka yang memilih menyerah sehingga kehidupannya menjadi sama dengan dunia ini. Terlebih lagi banyak juga yang pada akhirnya melupakan Tuhan di dalam segala hal yang mereka lakukan

Pada nats di atas kita diperkenalkan kepada sosok daniel. Ia adalah seorang yang muda namun kecerdasan dan kecakapannya melebihi semua orang pada masa pemerintahan Darius. Lebih lagi, Alkitab mencatat bahwa Ia adalah orang yang hidupnya dekat dengan Tuhan. Namun demikian, kedekatannya dengan Tuhan tidak serta merta menjadikan Daniel orang yang bebas dari tantangan dunia. Bahkan nats di atas menjelaskan bahwa Ia sampai harus dimasukkan ke gua singa karena imannya.

Kisah di atas mengingatkan kita sebagai orang percaya agar tampil beda dengan lingkungan sekitar. Mungkin banyak tantangan di luar sana yang membuat kita meninggalkan iman kepada Tuhan. Namun, sebagai orang percaya marilah kita tetap mencontoh Daniel dimana Ia tetap berpegang pada imannya dan tampil beda di lingkungan sekitar sehingga nama Tuhan dipermuliakan.

By: Felix Justian Harnanta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kala Kucari Damai (Lirik & Chord)

Pribadi Yang Mengenal Hatiku (Lirik & Chord) Jacqlien Celosse

Ujilah Aku Tuhan (Lirik & Chord)